Tolitoli, Rabu 22 Februari 2017 Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) YPP Mujahidin Tolitoli melaksanakan Wisuda Sarjana Ke- XIV. Pelaksanaan wisuda yang dihadiri Kepala Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Ketenagaan KOPERTIS Wilayah XI Sulawesi Bpk. Ichsan Kasnul Farabi, S.Sos, M.Si berlangsung dengan khidmat hingga menjelang siang. Pada pelaksanaan wisuda kali ini, juga turut hadir Wakil Bupati Tolitoli H. Abd. Rahman Hi. Budding, Ketua YPP Mujahidin Tolitoli H. M. Alwi Fattah, Perwakilan SKPD, serta Perwakilan dari perguruan tinggi di Kabupaten Tolitoli.

Sjarifuddin Ende,S.P, M.Si, selaku Ketua STIP YPP Mujahidin Tolitoli dalam sambutannya melaporkan bahwa jumlah wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda pada hari ini adalah 136 orang yang terdiri dari Program Studi Peternakan 20 orang, Agribisnis 50 orang, dan Agroteknologi 66 orang. Dengan demikian, hingga saat ini STIP Mujahidin Tolitoli hingga saat ini telah menghasilkan 1024 orang.

Dalam sambutannya, Sjarifuddin Ende, S.P,M.Si berharap, dengan keterampilan yang telah didapatkan selama ini, para wisudawan dapat menjadi pribadi yang handal tidak hanya sebagai mencari pencari kerja (job seeker) tetapi dapat menjadi pencipta kerja (job creatori). “ Berbekal kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan sosial, dan kecerdasan emosional, lulusan STIP Mujahidin Tolitoli diharapkan dapat segera mengintegrasikan diri dengan lingkungan, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif” imbuh Ketua STIP yang saat ini tengah menyelesaikan pendidikan Doktoral di Universitas Tadulako ini.

Untuk meningkatkan keterserapan lapangan kerja terhadap lulusan STIP Mujahidin Tolitoli, Ketua STIP melaporkan bahwa langkah yang ditempuh dengan menjalin kerja sama dengan perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan penting untuk ditingkatkan. Saat ini, STIP telah menjalin kerjasama dengan PT. Hardaya Inti Plantation yang merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang bergerak pada perkebunan kelapa sawit.

Namun demikian, Sjarifuddin Ende menambahkan bahwa keberhasilan sangat bergantung pada kepiawaian pribadi dalam membaca peluang untuk memberdayakan diri sebagai insan yang sudah memiliki pengalaman belajar dan kompetensi. Para lulusan diharapkan untuk selalu menatap masa depan dengan sikap percaya diri, serta senantiasa menjaga nama baik Almamater dalam tindak tanduk keseharian di masyarakat.

Akhirnya, kami segenap civitas akademika STIP YPP Mujahidin Tolitoli mengucapkan selamat dan sukses kepada wisudawan/wisudawati, semoga dengan ilmu yang kita miliki senantiasa dapat memberikan manfaat di masyarakat dan bernilai ibadah di hadapa Allah SWT. Aamiin

Leave a Comment