by

STIP Mujahidin Tolitoli Laksanakan PKKMB T.A. 2020/2021

STIP Mujahidin Tolitoli telah melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) merupakan kegiatan awal bagi setiap Calon Mahasiswa Baru (CAMABA) setelah terdaftar sebagai Mahasiswa Baru (MABA) di kampus STIP Mujahidin Tolitoli.

Pelaksanaan PPKMB dibuka secara resmi oleh Ketua STIP Mujahidin Tolitoli Dr. Sjarifuddin Ende, S.P., M.Si yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, Ir. Abdullah, M.Si, Wakil Ketua II Fitriyah Ichwani, S.Sos., M.M, Wakil Ketua III Ir. Mahdar Dg. Silasa, M.Si., serta para ketua dan sekretaris Program Studi Peternakan, Agribisnis, dan Agroteknologi dan para dosen STIP Mujahidin Tolitoli.

Ketua STIP dalam sambutannya menekankan bahwa keseriusan dalam menempuh pendidikan adalah hal utama untuk mencapai kesuksesan. Pelaksanaan PKKM adalah salah satu bentuk untuk mendukung ketercapaian lulusan STIP Mujahidin Tolitoli untuk mendukung Visi STIP yakni menjadi perguruan tinggi unggal dan berdaya saing global tahun 2041 melalui pemanfaatan sumberdaya alam yang berkelanjutan.

“Salah satu faktor keberhasilan mahasiswa dalam menempuh pendidikan adalah keseriusan dalam belajar. Aktifitas kemahasiswaan dapat dijadikan sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan di bidang akademik, sepanjang dapat melakukan pengaturan waktu yang tepat. Saya berharap empat tahun kedepan kalian yang mengikuti kegiatan PKKM hari ini juga merupakan lulusan yang akan diwisuda nanti” ungkap Ketua STIP Mujahidin Tolitoli Dr. Sjarifuddin Ende, S.P., M.Si.

Pengenalan kehidupan kampus sangat penting bagi mahasiswa baru, utamanya agar mahasiswa baru dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru. “PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru, mempunyai tujuan agar MABA itu sendiri bisa mengenal kampusnya sebelum dia terdaftar sebagai Mahasiswa Baru di kampus STIP, serta dalam PKKMB ini mereka diberikan materi-materi dasar seperti Visi dan Misi STIP, sistem akademik, kegiatan kemahasiswaan, dan sebagainya” kata Shahbi, Ketua BEM STIP Mujahidin Tolitoli, Rabu (23/9/2020)

Kegiatan PKKMB STIP  tahun 2020 ini, dilaksanakan di Kampus 1 STIP Mujahidin Tolitoli, selama 3 hari (16 September-18 September). Dengan mengingat pandemic COVID-19, maka kegiatan ini agak sedikit berbeda dari kegiatan PKKMB sebelumnya, dimana dalam hal ini, Panitia menerapkan Protokol Kesehatan kepada seluruh peserta maupun para tamu undangan agar ikut menerapkan Protokol Kesehatan tersebut. Dan yang menjadi Panitia Pelaksana dalam kegiatan ini yaitu BEM STIP serta perwakilan dosen.

Rangkaian kegiatan PKKMB kali ini juga berbeda dari PKKMB sebelumnya. Karena, dikegiatan PPKMB ini, selain para peserta disuguhkan dengan materi, juga di suguhkan berbagai macam games, dimana games tersebut melatih para peserta agar timbul rasa solidaritas diantara mereka. Games tersebut dimainkan dengan cara berkelompok, dan diakhir permainan akan diberikan Gift kepada kelompok yang banyak memenangkan permainan.

Selain itu, Gift juga akan diberikan kepada salah seorang MABA yang paling banyak mengumpulkan tanda tangan di Buku Panduan PKKMB. Dan MABA yang mendapatkan Gift tersebut ialah Wildani, MABA dari Program Studi Agribisnis. “Sebelum-sebelumnya saya belum pernah mengikuti PKKMB, dan dari PKKMB ini saya sangat mendapatkan sangat banyak pelajaran serta pengalaman. Awalnya saya berpikir bahwa kakak-kakak panitia yang melaksanakan kegiatan ini sangatlah kejam atau tidak ramah, ternyata pikiran saya itu salah, dan sangat terbalik dengan apa yang saya pikirkan. Kedua saya juga awalnya takut untuk mengikuti kegiatan ini, karena saya berpikir tidak ada yang saya kenal, tetapi setelah saya kenal dengan teman-teman seangkatan saya, ternyata semua juga sangat baik dan saling peduli satu sama lain. Dan untuk kakak-kakak Panitia, saya sangat mengapresiasi sekali karena, telah sangat baik membimbing kami para MABA dalam kegiatan PKKMB ini”. Ujar Wildani.

“Alhamdulillah saya merasakan kesenangan tersendiri dalam membimbing MABA ke kegiatan PKKMB, walaupun ada beberapa MABA yang Bandel (tidak mau medengarkan panitia) tapi, yah itu kami wajari, karena semua orang mempunyai sifat yang berbeda-beda. Intinya kesan dalam membimbing mereka dalam kegiatan PKKMB itu, Asik Lah”. Tutur Shahbi.

 

Pen: Chikoo

Ed: hk

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *