by

Pelepasan Mahasiswa KKN-PPM STIP Mujahidin Tolitoli angkatan XXI T.A. 2019/2020

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli kembali menerjunkan sejumlah 78 orang peserta Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada Kamis, 23 Agustus lalu. Pembekalan sekaligus pelepasan peserta KKN-PPM itu dibuka oleh Ir. Abdullah, M.Si selaku Wakil Ketua Bidang Akademik Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Mujahidin Tolitoli.

Dalam sambutannya, Ir. Abdullah, M.Si berharap pelaksanaan KKN-PPM yang sudah memasuki tahapan ke dua puluh satu ini bisa membantu meningkatkan peran mahasiswa dan perguruan tinggi dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk mendukung peningkatan produksi pertanian daerah. Hal ini sesuai dengan visi STIP Mujahidin Tolitoli yaitu “Menjadi perguruan tinggi pertanian yang unggul dan berdaya saing global pada tahun 2041melalui pemanfaatan sumberdaya alam berkelanjutan”.

Selanjutnya, Yulianti Rasud, M.Si dalam laporan Ketua Panitia menyampaikan, dari total 78 mahasiswa peserta KKN-PPM ini terdiri 40 orang mahaiswa program studi Agroteknologi, 24 orang program studi Agribisnis, dan Peternakan 14 orang. Lebih lanjut dilaporkan bahwa pelaksanaan KKN-PPM tahun ini dengan mengangkat tema “Optimalisasi pelaksanaan Tri Dharma Untuk mendukung produkivitas pertanian daerah” diarahkan pada kegiatan peningkatan produksi kebun akademik yang dimiliki oleh STIP Mujahidin Tolitoli yang berlokasi di Kampus II STIP Mujahidin Tolitoli, Tuweley.

“Sesuai dengan tema kita, maka fokus pelaksanaan KKN-PPM tahun ini diarahkan bagaimana meningkatkan produksi kebun akademik khususnya cengkeh yang kita miliki. Hal ini juga tentunya akan menjadi bukti nyata bagi masyarakat bahwa STIP tidak hanya sekedar menghasilkan sarjana, tapi juga memberikan bukti nyata terhadap pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi” Ungkapnya.

Selain untuk meningkatkan produksi pada kebun akademik, pelaksnaan KKN-PPM Angkatan XXI ini juga dilaporkan akan memprogramkan kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh seluruh peserta, serta mempersiapkan embrio kewirausahaan yang dapat menjadi cikal bakal pengembangan kegiatan kreatifitas mahasiswa.

Pelepasan KKN-PPM STIP Mujahidin Tolitoli angkatan XXI selanjutnya ditandai dengan penyematan atribut secara simbolis masing-masing oleh Ir. Abdullah, M.Si (Waket. I Bidang Akdemik), Fitriyah Ichwani, S.Sos., M.M (Waket. II bidang keuangan dan administrasi umum), dan Ir. Mahdar Daeng Silasa, M.Si (Waket. III Bidang Kemahasiswaan). Pada kesempatan tersebut turut dihadiri oleh pemerintah Keluarahan Tuweley, Tolitoli.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed